Selasa, 09 Mei 2017

Manfaatkan program pemerintah menjadi nyata

Apa sih UKM itu?
UKM adalah program pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup warga dengan kualitas terbaik dan hasil sendiri. UKM atau Usaha Kecil Menengah biasanya digeluti oleh ibu-ibu rumah tangga yang kesehariannya berinovasi dengan berbagai macam produk olahan makanan hingga sandang serta adapula kaum pria yang menggeluti usaha di UKM. Pemerintah daerah juga sering membuka lahan untuk para pengusaha UKM seperti diadakannya bazar murah, atau diikut sertakan dalam sebuah acara besar di daerahnya.
Ini salah satu usaha UKM yang kemarin diselenggaran oleh salah satu komunitas IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia). Komunitas IWAPI merangkul para wanita Indonesia untuk memajukan produk olahannya dan kemudian dipasarkan melalui online, atau door to door, atau melalui bazar umum. Dalam komunitas ini anggota dilibatkan dalam berbagai hal seperti pelatihan, seminar, dan lainnya dengan tema usaha.

Di zaman yang serba mudah dan praktis ini banyak penggelut karir banting setir ke UKM atau Usaha Kecil Mikro. Pengembangan UKM di masing-masing daerah sangat diperhatikan, karena ingin meningkatkan kualitas produk dari daerah sendiri. Selain itu dukungan dari sekitar dan hasil yang menjanjikan menjadi salah satu faktor masyarakat beralih ke UKM.
Dari sekian banyaknya UKM di Indonesia hanya beberapa yang terexpose untuk menjadi usaha besar dan produsen resmi sebuah olahan kerajinan, makanan, dan sandang. Sedangkan UKM mikro atau rumahan juga gak kalah banyaknya bahkan dapat dikatakan menjamur. Program pemerintah mengenai memajukan UKM sangatlah baik. Karena membantu perekonomian masyarakat secara nyata, dan mereka para pengusaha UKM juga sering diberikan pelatihan-pelatihan untuk memperluas jaringan dan ilmu. Salah satu gedung yang selalu mendukung adanya usaha UKM adalah gedung SMESCO. Gedung yang terletak di tengah kota Jakarta ini selalu menghadirkan banyak hasil dari para UKM serta banyaknya jadwal pelatihan untuk pemula yang ingin mengalihkan mata menjadi pengusaha.

Adanya program pemerintah dengan membiarkan pertukaran usaha dari negara Asia atau biasa kita dengarkan adalah Masyarakat Ekonomi Asean. Jika kita ambil sisi positifnya itu sangat bermanfaat, karena kita dapat menjual produk kita ke luar Negeri begitu juga sebaliknya. MEA juga berpengaruh terhadap pengurangan pengangguran yang selama ini jadi masalah di Indonesia ataupun di negara lain. Adanya MEA sangatlah membantu bagi para pemuda Indonesia untuk menjadikan diri mereka adalah pengusaha dan membantu membuka lowongan pekerjaan lain untuk para pencari kerja. Jika sisi negatifnya dari usaha pemerintah ini adalah, susahnya mendapatkan modal sehingga masyarakat yang ingin memulai usaha selalu memikirkan modal awal. Belum lagi harus menyewa tempat atau toko yang biayanya tidak sedikit untuk pengeluaran perbulan. Tapi, jika kita kreatif kita dapat mendapatkan modal dari tabungan kita pribadi atau meminjam dari pihak Bank yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan sampai kita meminjam kemudian angsuran perbulannya tidak sesuai dengan pemasukan akan terjadinya pembengkakan biaya tak terduga.


Ayo dukung perekonomian Indonesia dan pengurangan pengangguran secara nyata. Jangan selalu menjadi karyawan, jadikanlah dirimu bos dan karyawan untuk dirimu sendiri. Maju terus jangan ragu untuk membantu para pencari kerja.

Tidak ada komentar:

Harapan Terbesar yang Berkesan

Setiap manusia memiliki satu harapan, yang pasti tak selalu pada harta dan tahta melainkan sesuatu yang simpel seperti keberhasilan merai...