Kamis, 05 Oktober 2017

Rahasia Si Kecil Grow Happy


Bersyukur sekali dapat menghadiri sebuah acara penting mengenai parenting. Padahal saya sendiri belum menikah dan baru mau akan hihihi. Memang membahas soal parenting itu banyak banget gak cuma dari A sampai Z aja tapi bisa bercabang A1-Z10. 

Selain itu pembahasan tentang parenting juga selalu menarik perhatian siapa saja sebab ini terjadi disekitar kita. Apa sih yang biasanya dibahas para moms soal anak ke teman-teman?. Pasti banyak ya moms, dan gak jauh juga dari tumbuh kembangnya sang buah hati. Memang bagi semua moms keunggulan anak menjadi salah satu kebanggaan tersendiri. Dari mulai si anak bisa mengucapkan mama, bunda, atau ibu pasti ada rasa kagum yang luar biasa "wah pandainya anakku" kalimat pertama yang terucap. 

Tapi moms, tahukan Anda bahwa tumbuh kembangnya si buah hati tergantung dari moms and dads lho. Kok bisa?, ya sebab pengaruh kebahagiaan yang dihadirkan moms and dads juga mempengaruhi tumbuh kembang sang anak. Tanpa disadari stimulus tentang senyuman dan pujian kepada si anak dapat menjadikannya sorang anak merasa dihargai bahkan di sayangi oleh orang tua mereka. Akhirnya mereka merasakan kenyamanan. Nah kenyamanan ini jangan sampai kita rusak karena keegoisan kita sebagai orang tua. Kesehatan anak juga dipengaruhi oleh orang tua, jika orang tua selalu saja marah-marah bahkan suka menjudge sang anak maka Anda sudah merusak sistem pencernaan si anak. 

Memang nyambung ya pencernaan ke stres bagi anak-anak?. Oh tentu moms sekali lagi saya katakan jika anak stres maka sistem pencernaan akan terganggu, dan anak tidak dapat mencerna makanan dengan baik. Sehingga anak selalu terlihat kurus saja seperti tidak ada perkembangannya. 
Meski si anak doyan makan, tapi kalau moms and dads sukanya ngomel-ngomel gimana si anak mau gendut dan tumbuh sehat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk tumbuh kembang si kecil.
  • Pola makan teratur

Jika makan yang teratur dan terpenuhi segala gizinya maka anak juga akan tumbuh sehat. Seperti memakan buah-buahan agar mendapatkan vitamin yang cukup. Buah pisang salah satunya, kandungan vitamin yang terdapat dalam buah pisang yaitu kandungan probiotik. Kandungan probiotik ini dapat membantu bakteri baik yang terdapat dalam tubuh si kecil tepatnya di dalam usus.
  • Pola Tidur 

Pola tidur orang dewasa dan anak-anak berbeda. Jika orang dewasa 8 jam sehari maka untuk anak-anak 10-12 jam sehari. Yaitu setelah makan pagi, setelah makan siang, dan malam hari.  Menjaga pola tidur yang baik juga menunjang jesehatan untuk anak-anak.
  • Aktivitas Si Anak

Nah, jika anak Anda senang sekali beraktivitas bahkan sampai kita sendiri yang melihat saja sudah lelah tidak perlu dilarang. Sebab semakin banyak anak beraktivitas maka semakin baik untuk tumbuh kembang si anak. Namun sebaliknya, jika anak kurang beraktivitas perlulah diajak untuk bermain meski hanya sekedar berkeliling sekitar kompleks.

Oh iya by the way, moms and dads tahu gak bagaimana ciri-ciri anak yang bahagia?. Definisi bahagia setiap orang memang berbeda, tapi coba yuk intip list berikut ini kira-kira ada gak ya kriteria ini di anak Anda.
  1. Aktif
  2. Ceria
  3. Gembira
  4. Mudah Beradaptasi
  5. Memiliki Semangat
  6. Gizi Terpenuhi
  7. Selera Makan Baik
  8. Kualitas Hubungan dengan Orang Tua Baik
  9. Kreatif dan Inovatif

Bagaimana moms and dads apakah ada kriteria di anak anda?, pastikan selalu ada ya moms and dads.


Seperti keluarga aktor dan aktris Ricky Harun dan Herfiza Novianti Harun yang ditemui di daerah Menteng Jakarta Pusat dalam acara Nestlé Lactogrow. Acara yang mengangkat tema "Pentingnya Kebahagiaan untuk Tumbuh Kembang Si Kecil". Dalam acara tersebut mereka tidak sungkan-sungkan bermain dengan kedua buah hatinya dan memang itu yang selalu mereka lakukan saat di rumah. Apalagi sang isteri Herfiza Harun yang berprofesi sebagai dosen ini mengungkapkan bahwa waktu yang ia miliki untuk kedua anaknya insyaALLAH terpenuhi sebab waktu mengajar tidak seminggu full atau seharian full. Jadi saya masih bisa bermain dengan anak-anak di rumah tanpa takut mengurangi kedekatan dengan mereka. Ujar Herfiza Novianti Harun yang saat itu menjadi bintang tamu dalam acara tersebut.


Menggunakan sistem boonding terhadap anak melalui sentuhan juga dapat memberikan kebahagiaan kepada sang anak. Bagi setiap anak diperlukan delapan kali pelukan dalam sehari dan itu memang sangat diperlukan bahkan dapat dikatakan sebagai kebutuhan khusus. Mengingat zaman sekarang orang tua sudah jarang melakukan boonding terhadap sang anak semua harus dilakukan sendiri dengan alasan agar anak mandiri. Padahal moms sentuhan kepada anak itu dapat menstimulus saraf yang terdapat pada otak si anak. 


Bagaimana moms and dads, sudahkah kalian memberikan senyuman dan pelukan hari ini kepada si kecil?

Tidak ada komentar:

Harapan Terbesar yang Berkesan

Setiap manusia memiliki satu harapan, yang pasti tak selalu pada harta dan tahta melainkan sesuatu yang simpel seperti keberhasilan merai...